Riyadh,LiputanIslam.comKemenlu Arab Saudi kemarin, Senin (9/10) membantah isu terbaru yang mengklaim kerajaan Saudi telah mengusir duta besar Turki terkait hilangnya wartawan dan penulis kritis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Badan Pers Saudi (SPA) mengutip sumber resmi di kementerian luar negeri yang mengatakan bahwa tuduhan itu “benar-benar tidak berdasar.”

Pernyataan kementerian itu datang sebagai tanggapan atas laporan terbaru dari Reuters, mengklaim bahwa pemerintah Saudi telah mengeluarkan perintah pengusiran dubes Turki dari kerajaan.

Selasa lalu, Khashoggi dilaporkan hilang setelah ia memasuki konsulat Saudi di Istanbul untuk mengamankan dokumentasi pernikahan. Tunangannya yang saat itu menunggu di luar gedung mengatakan tidak melihat Khashoggi keluar dari gedung tersebut.

Hilangnya Khashoggi, yang sebelumnya seorang editor surat kabar terkemuka di Arab Saudi dan seorang penasihat mantan kepala intelijen di kerajaan itu, telah memicu kekhawatiran global. Kekhawatiran itu semakin ramai setelah sumber-sumber di Turki menyebut adanya dugaan Khashoggi terbunuh di dalam gedung konsulat. Pemerintah Saudi telah menepis tuduhan tersebut, mengatakan bahwa Khashoggi meninggalkan gedung di hari yang sama saat dia memasuki gedung konsulat. (fd/memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*