Riyadh,LiputanIslam.com—Sebuah kantor berita yang berbasis di UEA, Al-Khaleej, melaporkan pada Kamis (13/9) bahwa Arab Saudi berencana untuk membeli sistem pertahanan milik Israel ‘Iron Dome’. Sepertinya, Arab Saudi tidak hanya ingin menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, tetapi juga melangkah pada tahapan yang lebih jauh, yaitu melakukan transaksi jual-beli senjata.

Inilah hubungan terbaik yang pernah terjalin antara Arab Saudi dan Israel. Kepala Staf Militer Israel, Gadi Eisenkot, saat melakukan wawancara dengan media Inggris yang berbasis di Saudi, Elaph, menyatakan bahwa Israel siap menjalin kerjasama intelijen dengan Arab Saudi untuk membendung pengaruh Iran di Timur Tengah.

Tak hanya itu, mantan senior pejabat militer Israel mengatakan bahwa dirinya telah mengadakan dua kali pertemuan dengan dua emir Arab Saudi dan menyatakan bahwa di mata Arab Saudi, Israel tidak lagi dicap sebagai musuh. Ia juga menyatakan bahwa Arab Saudi telah berupaya untuk meyakinkan Israel, melalui mediasi AS, agar Israel mau menjual sistem pertahanannya kepada negara Arab tersebut. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*