Washington, LiputanIslam.com –  Kandidat calon presiden AS dari partai Demokrat Joe Biden mempersengit sikapnya terhadap pemerintah Arab Saudi dengan menegaskan bahwa Riyadh harus ditindak secara hukum terkait dengan Perang Yaman dan pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi.

Saat ditanya mengenai mekanisme yang harus ditempuh AS dalam menyikapi kasus pembunuhan Kashoggi dan Perang Yaman Biden yang pernah menjabat sebagai wakil presiden di era Barack Obama ini menyatakan bahwa bantuan militer AS kepada Saudi harus dibekukan dan Saudi harus dijadikan sebagai negara yang “tercampakkan di level internasional”.

Baca: Sanders: Saudi adalah Diktator Kejam

“Saya akan memberikan penjelasan sejelasnya bahwa kita sebenarnya tidak berniat menjual senjata kepada mereka, kita ingin memaksa mereka membayar harga, dan mencampakkan mereka,” tegasnya, seperti dikutip Rai al-Youm, Jumat (22/11/2019.

Baca: Raja Saudi: Senjata Iran Digunakan Dalam Serangan ke Fasilitas Aramco

Dia menambahkan bahwa dia akan mencabut semua bantuan AS kepada Saudi dan menahan segala komoditas untuk Saudi, karena menurutnya Saudi “sedikit sekali memiliki nilai sosial positif” dan merupakan negara yang terlibat dalam “pembunuhan anak-anak kecil dan orang-orang tak berdosa” sehingga sudah seharusnya ditindak secara hukum. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*