AS donald trumpWashington, LiputanIslam.com – Capres Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump menyebut presiden negara ini, Barack Obama, sebagai pendiri kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dan menuding capres rivalnya, Hillary Clinton, sebagai mitra Obama dalam pendirian ISIS.

Dalam kampanye pilpres di Fort Lauderdale, negara bagian Florida, Rabu malam waktu setempat (10/8/2016,) capres milyarder ini menyatakan bahwa Obama telah menanamkan “kekacauan” di Timteng dan ISIS-pun menghormati Obama.

“Dia (Obama) adalah pendiri ISIS di Irak dan Suriah… Dia adalah pendiri ISIS di Irak dan Suriah, bukankah demikian?” pekiknya,  yang segera mendapat aplaus dari para pendukungnya , sebagaimana dilansir AFP. Dia mengulangi lagi, “Dia adalah pendiri! Dia mendirikan ISIS di Irak dan Suriah.”

Dia menambahkan, “Perlu saya katakan pula bahwa mitranya dalam pendirian (ISIS) ini adalah si pembual Hillary Clinton.”

Trump mengecam Obama dan mantan Menlu Hillary Clinton karena telah membuat kebijakan yang menimbulkan kevakuman kekuasaan di Irak agar dimanfaatkan oleh ISIS.  Tapi di saat yang sama dia juga mengritik pedas Obama karena telah mengumumkan akan menarik pasukan AS dari Irak, sebab banyak kritikus Obama yang menilai penarikan itu akan menimbulkan instabilitas di negara tempat berkembangnya ISIS.

Gedung Putih enggan mengomentari tuduhan Trump tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL