Gaza,LiputanIslam.com-Demi menghentikan diterbangkannya balon-balon peledak, Israel akhirnya bersedia memenuhi syarat-syarat kelompok pejuang Palestina.

Media-media Palestina mengabarkan, Rezim Zionis menyatakan kesiapannya ini melalui para mediator mereka, Jumat (28/6).

“Rezim Zionis mengumumkan siap melaksanakan kesepakatan-kesepakatan lalu. Para mediator akan mengurus pelaksanaan pasal-pasal lain dalam kesepakatan tersebut,”kata Hazim Qasim (juru bicara Hamas).

Berdasarkan kesepakatan ini, Palestina akan berhenti menerbangkan balon-balok peledak ke arah Tanah Terjajah di sekitar Gaza. Di lain pihak, Israel akan memperluas wilayah pencarian ikan di pesisir Gaza hingga 15 mil serta mengembalikan 60 perahu Palestina yang disita.

Selain itu, Israel juga harus mengizinkan masuknya BBM yang diperlukan pembangkit tenaga listrik di Gaza.

Menurut kutipan Palestine al-Youm dari sebuah sumber PBB, Israel berjanji tidak akan menembaki para peserta unjuk rasa damai al-Awdah di perbatasan timur Jalur Gaza, juga tidak melempari mereka dengan gas air mata.

Israel telah melarang masuknya BBM untuk pembangkit listrik di Gaza sejak Selasa (25/6) lalu.

Khalil al-Hayya (seorang petinggi Hamas) telah memperingatkan Rezim Zionis atas tindakan ini. Dia menyatakan, Zionis adalah pihak yang bertanggung jawab atas krisis di kawasan itu dan meningkatnya konflik antara kedua belah pihak. (af/alalam)

Baca:

Polisi Israel Tembak Mati Demonstran Palestina di Yerusalem

Zarif: Pemula Perang Terhadap Iran Jangan Harap Dapat Mengakhirinya

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*