Sumber: medcom.id

Tehran, LiputanIslam.com– Malam kebudayaan yang mengangkat tema “Wonderful Indonesia Tourism Promotion” yang digelar di Hotel Evin Kota Tehran pada Selasa (12/2) berjalan dengan baik dan lancar. Acara yang diadakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia itu berhasil meningkatkan hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Republik Islam Iran.

Seperti dilansir medcom.id, pada Selasa (14/2) acara malam kebudayaan itu dihadiri perwakilan Kementerian Luar Negeri Iran, Dirjen Kerjasama Budaya Islamic Culture and Relations Organization (ICRO) Muhammad Ali Kiani, dan Iran Cultural Heritage, Handcraft and Tourism Organization (ICHTO).

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Republik Islam Iran, Octavino Alimudin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas peringatan 40 tahun kemenangan Revolusi Islam Iran. Menurutnya, Indonesia sebagai negara sahabat Iran sekaligus sebagai negara muslim terbesar di dunia telah menjalin hubungan kerja sama RI-Iran sejak lama.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran II, Regional III, Kementerian Pariwisata RI, Komang Mahawira menyatakan bahwa adanya kemiripan budaya dan sejarah antara Indonesia dan Iran, merupakan peluang kerja sama di wisata halal dan industri kreatif juga dapat dikembangkan kedua negara.

“Diharapkan melalui pertemuan ini terjadi kontrak bisnis, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan Iran ke Indonesia,” ucapnya.

Indonesia dan Iran sepakat untuk lebih meningkatkan dan memperluas kerja sama, diantaranya kerja sama di bidang pariwisata.  Jumlah wisatawan Iran ke Indonesia mengalami peningkatan sebesar 57,5 persen dari tahun 2016 ke 2017. Bahkan wisatawan Iran ke Indonesia pada tahun 2018 mencapai 11.555 orang, menjadikan wisatwan Iran menempati urutan pertama untuk kawasan Asia Tengah. (aw/medcom)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*