Menlu Iran, M. Javad Zarif, saat sedang menghadiri pertemuan ECO ke-24 di Antalya, Turki. Sumber: Presstv

Tehran,LiputanIslam.com—Menlu Iran, M. Javad Zarif, saat sedang menghadiri pertemuan Organisasi Kerjasama Ekonomi (ECO) ke-24 di Turki mengatakan bahwa Tehran akan selalu mengutamakan negara-negara tetangga.

“Senang berada di Turki, menghadiri pertemuan ECO ke-24,” tulis Zarif melalui akun twitternya pada Sabtu (9/11), beberapa jam sebelum dirinya bertemu dengan para pejabat dari Pakistan dan Turki.

“Kebijakan luar negeri Iran selalu menempatkan negara tetangga di bagian pertama, kerjasama regional adalah prioritas,” ucapnya. Zarif berharap, kerjasama ini akan disambut baik oleh negara-negara tetangganya juga.

Dalam pertemuan itu, Zarif juga meminta negara-negara yang tergabung di dalam ECO agar mampu memaksimalkan potensi di dalam organisasi itu.

“Dengan jumlah populasi hampir setengah milyar orang, keadaan geografi yang luar biasa, kayanya sumber-sumber energi dan mineral, SDM yang unggul, serta pasar yang besar. ECO memiliki semua yang dibutuhkan untuk mendorong kerjasama multilateral antar bangsa,” tambahnya.

Baca: Iran Santai Menghadapi Isu Dibentuknya Koalisi AS di Teluk Persia

Hanya saja, menurut Zarif, ECO masih memiliki tantangan berupa desain yang sesuai untuk melakukan kerjasama ekonomi.

Zarif menyebut, ECOTA atau Kesepakatan Dagang Organisasi Kerjasama Ekonomi dan pengaturan internal lainnya yang berada di bawah ECO harus diperbaiki lagi agar memungkinkan semua pedagang ikut andil dalam memajukan Kawasan Timur Tengah dan negara mereka masing-masing.

Bagi Zarif, penggunaan mata uang nasional untuk perdagangan bilateral, pengurangan biaya dan mempercepat bea cukai adalah beberapa poin yang bisa diaplikasikan guna meningkatkan kerjasama ini. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*