medium_41daftar

Foto: bpjs.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com — Guna melayani kesehatan masyarakat, Pemerintah RI telah membuat program program Jaminan Kesehatan yang biasa dikenal dengan  BPJS. Dengan menjadi peserta  BPJS, masyarakat akan mendapatkan berbagai kemudahan. Apa saja?

1. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup:

Administrasi pelayanan, pelayanan promotif dan preventif, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis, tindakan medis non spesialistik — baik operatif maupun non operatif, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, transfusi darah sesuai kebutuhan medis, pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama, rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi.

2. Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, yaitu pelayanan kesehatan mencakup:

Rawat jalan, meliputi: administrasi pelayanan, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi spesialistik oleh dokter  spesialis dan sub spesialis, tindakan medis spesialistik sesuai dengan indikasi medis, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, pelayanan alat kesehatan implant, pelayanan penunjang diagnostic lanjutan sesuai dengan indikasi  medis, rehabilitasi medis, pelayanan darah, pelayanan kedokteran forensik, pelayanan jenazah di fasilitas kesehatan.

Rawat inap yang meliputi: perawatan inap non intensif, perawatan inap di ruang intensif, pelayanan kesehatan lain yang ditetapkan oleh menteri.

Siapa saja yang berhak mendaftar sebagai peserta Program Jaminan Sosial?

Dilansir dari situs resmi BPJS, menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS Pasal 14 menyatakan bahwa setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program Jaminan Sosial.

Sesuai dengan perintah Undang-Undang, sejak 1 Januari 2014 BPJS Kesehatan mengelola jaminan kesehatan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (dulu Jamkesmas), PNS, TNI, Polri, Pensiunan PNS/TNI/Polri dan pekerja swasta peserta eks JPK Jamsostek serta masyarakat lain yang secara mandiri.

Apakah Anda Telah Memiliki BPJS?

Untuk mendaftar, caranya sangat mudah, dan bisa dilakukan via online. Ikuti petunjuk berikut ini:

☑ Buka link: www.bpjs-kesehatan.go.id
☑ Klik Layanan Peserta,
☑ Pilih Pendaftaran Peserta,
☑ Klik paling bawah, Pendaftaran,
☑ Klik identitas peserta baru,
☑ Isi identitas diri,
☑ Isi juga kolom alamat,
☑ Masukkan email Anda
☑ Masukan kode yang tertera di gambar,
☑ Klik simpan,
☑ Buka email Anda,
☑ Klik aktivasi pendaftaran,
☑ Unduh/ download formulir,
☑ Unduh/ download nomor peserta,
☑ Print kedua unduhan tersebut,
☑ Bayar iuran ke Bank BRI, BNI, Mandiri (pilih salah satu),
☑ Bawa kelengkapan data:
ㄖ Print ke 2 lembar unduhan
ㄖ Struk pembayaran yang sudah di bayar
ㄖ Fotocopy KTP, KK, pas photo (3×4) 1 lembar
ㄖ Datang ke kantor BPJS
ㄖ Cari ke bagian Online
ㄖ Serahkan data-data tadi, lalu ditukar denqan nomer antrian untuk cetak kartu BPJS.

Anda cukup membayar  iuran membayar perbulan, besarnya iuran perorang diatur sesuai manfaat kelas perawatan yang diinginkan:

✔ Kelas 3: 25.500.
✔ Kelas 2: 42.500.
✔ Kelas 1: 59.500.

Pembayaran iuran setiap tanggal 10 bulan berjalan melalui bank yang ditunjuk, dan  keterlambatan pembayaran — dikenai denda sebesar dua persen.

Pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan bebas biaya administrasi. Setelah calon peserta mendaftar dan membayar iuran pada bulan tersebut, maka berhak mendapatkan Kartu Peserta dan telah berhak mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan sesuai indikasi medis dan prosedur pelayanan yang ditetapkan. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL