Sumber: netralnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Putri mendiang Presiden Indonesia ke-3 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid mengatakan bahwa sosok Gus Dur dan BJ Habibie memiliki kesamaan. Walaupun latarbelakang keilmuan yang berbeda, namun keduanya memiliki semangat yang sama dalam hal demokrasi dan kecintaan pada bangsa Indonesia.

Seperti dilansir tirto.id pada Jumat (13/9) saat di Jakarta, Yenny mengaku bahwa kesamaan kedua sosok negarawan dan guru bangsa itu terlihat saat dirinya dahulu sering mendampingi Gus Dur berkunjung ke kediaman BJ Habibie. Keduanya memiliki komitmen untuk memberikan kebebasan berpendapat seluas-luasnya dan membuka ruang demokrasi Indonesia.

“Di situ [saat bertukar pikiran] memang terlihat bahwa beliau nyambung, dua-duanya nyambung kalau berbicara. Apalagi dalam semangat mengusung reformasi, demokrasi, beliau punya titik temu di sana,” katanya.

“Walaupun dua-duanya juga menjadi korban dari demokrasi itu sendiri. Artinya beliau berdua menjadi korban dikritik, disalahpahami, dan sebagainya. Tetapi ikhlas menjalaninya. Ini adalah ciri dari seorang negarawan,” ungkap Yenny.

Baca: Presiden Jokowi: BJ Habibie Suri Tauladan Anak Bangsa

Yenny juga menambahkan, BJ Habibie sangat layak menjadi inspirasi bagi segenap anak bangsa. Selain sebagai ilmuwan dan negarawan, BJ Habibie juga adalah sosok yang sangat mencintai keluarganya. “Beliau itu ketika mencintai sangat total, mencintai istrinya penuh totalitas sampai akhir hayatnya,” tuturnya. (aw/tirto/kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*