Jenewa, LiputanIslam.com–Organisasi Perdagangan Dunai (WTO) merespon ancaman dari Presiden AS Donald Trump untuk keluar dari badan itu.

Direktur general WTO, Roberto Azevedo, mengatakan pada Jumat (31/8/18) bahwa jika AS betul-betul keluar dari badan dunia itu, langkah tersebut akan menyebabkan kekacauan dan gangguan bagi perusahaan Amerika di seluruh dunia.

Sehari sebelumnya, Trump mengancam akan keluar jika WTO tidak “memperbaiki diri.” Sebagai respon, Azevedo menyebut “skenario [mundur itu] tidak akan baik bagi siapapun.”

Azevedo pun menyarankan agar tidak ada kepanikan atas ancaman Trump tersebut. Menurutnya, pernyataan sang presiden AS itu bukan hal baru dan hanya sebuah pengulangan dari komentar sebelumnya mengenai WTO.

“Kekhawatiran AS atas beberapa sektor di WTO yang ingin mereka perbaiki bukan hal yang baru. Dan saya pikir apa yang beliau katakan kemarin konsisten dengan apa yang mereka sampaikan sebelumnya,” papar Azedevo.

Kini, banyak anggota WTO yang mulai berbicara mengenai perbaikan organisasi, yang menurutnya adalah perkembangan yang baik. “Semua orang yang ingin melihat perkembangan di WTO sangat diterima mempresentasikan ide dan saran mereka…”

WTO, yang berbasis di Jenewa ini didesain untuk merendahkan tarif dan mempromosikan perdagangan bebas di antara negara-negara dunia. Aturan dan regulasi WTO dibentuk dari “konsensus” antara 164 anggotanya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*