Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Jakarta, LiputanIslam.com–Kisruh di DPR terus membuat publik geleng-geleng kepala. Dua kubu yang berseteru yaitu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP), rencananya akan sama-sama menggelar paripurna hari ini. Meskipun konflik terlihat semakin rumit,  Ketua MPR Zulkifli Hasan meyakini pihaknya bisa menyatukan kembali kedua kubu.

Ketua DPR tandingan versi KIH, Ida Fauziah mengatakan pihaknya berencana menggelar paripurna di ruang Badan Musyawarah, Gedung KK2, Selasa (4/11/2014) hari ini pukul 09.00 WIB. Agenda paripurna adalah penetapan distribusi alat kelengkapan dewan secara proporsional.

Adapun pihak KMP sebelumnya menegaskan kalau sehari setelah rapat konsultasi antara pimpinan dewan dengan perwakilan fraksi maka bakal dilakukan paripurna. Agenda paripurna KMP adalah terkait pengesahan mitra kerja komisi dan penetapan ruang kerja fraksi.

“Sehari setelah rapat konsultasi pengganti Bamus ini, kita akan gelar paripurna untuk penetapan hasilnya,” kata Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.

Pelaksanaan paripurna DPR yang dipimpin KMP ini akan digelar di ruang sidang paripurna, Nusantara II, Komplek Parlemen Senayan.

Meskipun perseteruan semakin berlarut, Ketua MPR Zulkifli Hasan meyakini permasalahan KMP dan KIH akan segera selesai. Bahkan, Zulkifli memprediksikan konflik akan selesai selambat-lambatnya dua minggu mendatang. Menurut Zulkifli, MPR akan turut serta berperan menyatukan kembali Koalisi Merah Putih (KMP) dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Soal DPR, sekarang ketua umum partai sedang bekerja, MPR akan membantu. Yakinlah mudah-mudahan sebelum dua minggu sudah selesai, syukur-syukur minggu depan sudah selesai,” kata Zulkifli, seperti dikutip Detikcom (3/11/2014).

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat tandingan versi Koalisi Indonesia Hebat, Ida Fauziah, meminta publik bisa bersabar terkait kisruh internal di DPR. Ida membuka peluang terjadi islah antara dua kubu asal pimpinan DPR bersikap adil.

“Syaratnya bisa islah itu pimpinan itu harus mampu menjadi pimpinan semua kelompok,” ujar Ida. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL