Sumber: monitor.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto menegaskan bahwa pemerintah Indonesia sangat serius menyelesaikan masalah Papua. Menurutnya, pemerintah terus berusaha sekuat tenaga dan melakukan cara-cara yang terbaik dalam proses penyelesaiannya.

“Pemerintah sekarang ini sedang berusaha sekuat tenaga, tidak membiarkan, tidak mendiamkan. Pemerintah akan hadir dengan cara-cara yang baik, yang benar, yang tepat sehingga menyelesaikan masalah untuk tidak menimbulkan masalah (baru),” ucapnya di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, pada Kamis (29/8).

Wiranto mengaku bahwa dirinya telah ke Papua kemarin, berdialog dengan masyarakat di sana. “Kita bisa dialog dengan baik. Saya bisa menjawab masalah-masalah yang disampaikan masyarakat ke kita, asal kita tidak emosi, asal kita jujur, asal kita tetap berorientasi pada persatuan dan kesatuan kita,” ungkapnya.

Baca: Soal Papua, Presiden Minta Masyarakat Tetap Tenang

Sementara di tempat berbeda, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menanggapi sejumlah isu mengenai pemutusan jalur telepon di Papua dan Papua Barat sejak adanya peristiwa berunjuk rasa di Manokwari beberapa hari lalu. Menurutnya, pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data, tidak ada kebijakan black out. Sementara layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan.

Pemerintah juga sedang memperbaiki kabel yang putus di Jayapura. “Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara & SMS bisa segera difungsikan kembali,” tambahnya. (aw/setkab/tribun).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*