London, LiputanIslam.com–Kelompok pertama White Helmets mulai mengungsi ke Inggris, di mana pejabat Inggris menyambut mereka dengan sebutan “relawan pemberani” dan pahlawan.

Anggota Whilte Helmets dan keluarga mereka akan tinggal di Negeri Ratu Elizabeth ini di bawah Program Pemukiman bagi Orang Rentan (VPRS). Demikian pengumuman dari pemerintah Inggris pada Senin (24/9/18).

White Helmets “menyelamatkan nyawa ribuan warga tak berdosa selama konflik Suriah,” kata pejabat bernama Sajid Javid.

Ia menambahkan bahwa ia “bangga Inggris memberikan tempat tinggal bagi individual berani ini dan keluarga mereka dan memberikan mereka kesempatan untuk membangun kehidupan di sini.”

Menurut laporan dari Daily Telegraph, pemerintah London telah memberi suaka kepada 29 anggota White Helmets dan 70 orang keluarga mereka. Pada Juli lalu, Inggris berupaya mengevakuasi 98 anggota dan 324 keluarga mereka dari Suriah lewat Israel.

White Helmets sendiri merupakan organisasi yang didirikan oleh mantan petinggi intelijen Inggris James Le Mesurier dan didanai oleh Inggris dan AS. Organisasi ini beroperasi di area yang dikuasai pemberontak anti-pemerintah Suriah, yaitu salah satunya kelompok jihadis Jabhat al-Nusra, atau yang kini disebut Hayat Tahrir al-Sham (HTS).

Pemerintah Suriah menuding White Helmets sebagai kelompok teroris dengan topeng relawan kemanusiaan. (ra/rt)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*