Tepi Barat, LiputanIslam.com—Ribuan warga Palestina menggelar aksi pada Selasa (17/4/18) di sepanjang Tepi Barat dan Jalur Gaza untuk menunjukkan solidaritas bagi para tahanan di penjara Israel.

Peserta aksi ini terdiri dari aktivis dari organisasi HAM nasional dan siswa sekolah kota Bethlehem, yang berjarak 10 kilometer dari Yerusalem al-Quds. Mereka mengibarkan bendera Palestina dan membawa foto-foto para tahanan yang mendapat vonis penjara dalam waktu lama.

Mereka pun menuntut pelepasan para tahanan secepatnya.

Aksi dalam peringatan Hari Tahanan ini juga digelar di kota Nablus.

Di Jalur Gaza, gerakan perlawanan dan institusi tahanan mengajak orang-orang untuk berpartisipasi dalam demo sambil duduk di kawasan al-Khayyam yang dimulai pada jam 5:30 sore waktu setempat.

Sampai kini, terdapat lebih dari 7.000 warga Palestina yang ditahan di penjara Israel. Ratusan di antara mereka dipenjara secara sewenang-wenang tanpa tuntutan yang jelas atau pengadilan.

Karena itu, tahanan Palestina secara rutin menggelar aksi mogok makan untuk memprotes penahanan secara sewenang-wenang dan kondisi penjara yang buruk. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL