Sumber: antaranews.com

Magelang, LiputanIslam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres), KH Maruf Amin mengingatkan akan pentingnya sikap gotong royong  dan saling bantu-membantu. Menurutnya, dengan gotong royong maka akan banyak hal yang akan bisa dicapai dan diwujudkan.

Hal itu disampaikan Wapres Kiai Ma’ruf saat meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis (7/11).

“Gotong royong adalah ciri khas negara kita. Di negara lain hampir tidak ada rumah sakit atau sekolah yang dibangun masyarakat secara gotong royong. Ini merupakan sebuah kearifan nasional dan kearifan lokal yang perlu dijaga,” katanya.

Kiai Ma’ruf memberikan apresiasi kepada Nahdlatul Ulama (NU) dan Lippo Group yang telah berkerjasama membangun RSU Syubbanul Wathon tersebut. Ia mengatakan bahwa pemerintah berusaha untuk meminimalisasi kekurangan sandang, pangan, dan meningkatkan pelayanan kesehatan serta pelayanan pendidikan.

Pemerintah berupaya menghilangkan kemiskinan melalui program Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, dan Keluarga Harapan. “Perlu untuk membangun masyarakat melalui ekonomi kerakyatan dan ekonomi keumatan serta membangun usaha kecil dan menengah (UKM),” ucapnya.

Baca: Mahasiswa Didorong Aktif Sebarkan Pesan Moderasi dan Kebangsaan

Saat ini, lanjut dia, pemerintah sedang fokus pada pembangunan SDM Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi. “Indonesia maju bergantung pada manusianya. Manusia yang sehat, termasuk di dalamnya pencegahan stunting,” tambahnya. (aw/kompas/detik).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*