Seoul, LiputanIslam.com–Sebuah kereta dari Korea Selatan berhasil menyeberang masuk ke wilayah Korea Utara dalam acara peluncuran proyek bersejarah untuk menghubungkan kembali jalur kereta api antar kedua negara.

Dalam acara peluncuran pada hari Jumat (30/11/18) itu, kereta berwarna merah, putih dan biru tersebut berangkat dari stasiun Dorasan, Korsel. Sebuah rekaman memperlihatkan kereta ini ditempeli spanduk bertuliskan “Kuda Besi kini berjalan menuju era perdamaian dan kemakmuran”.

“Ini menandakan awal era kemakmuran bersama antara Utara dan Selatan dengan menghubungkan kembali jalur kereta api,” kata menteri transportasi Korsel, Kim Hyun-mee.

Menurutnya, penghubungan jalur kereta api ini dapat memfasilitasi perluasan “wilayah ekonomi” Korea Selatan ke benua Eurasia melalui darat. Sebab, keterpisahan wilayah Semenanjung Korea telah menyebabkan negaranya terputus secara geopolitik dari benua itu selama puluhan tahun.

Rekoneksi sistem kereta api merupakan satu dari sejumlah perjanjian yang ditandatangani pada awal tahun ini oleh pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Salah satu jalur kereta ini menghubungkan kota Kaesong, Korut, ke kota Sinuiju di dekat perbatasan Tiongkok. Jalur lainnya menghubungkan gunung Kumgang di dekat perbatasan Korea ke sungai Tumen yang berbatasan dengan Rusia.

Menurut Kementerian Transportasi Korsel, mereka akan melakukan perjalanan kereta api mencapai 2.600 kilometer untuk proyek tersebut.

Proyek jalur kereta api ini sebelumnya mengalami penundaan akibat kekhawatiran jika melanggar sanksi Dewan Keamanan PBB atas Korut. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*