Sumber: Memo

Ankara,LiputanIslam.com—Menlu Turki melaporkan pada Sabtu (14/9) kemarin, Organisasi Kerjasama Islam (OIC) akan menggelar pertemuan luar biasa pada Minggu untuk membahas pernyataan kontroversial Israel yang ingin mencaplok area West Bank.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, menyatakan pada Selasa lalu, akan mengambil Lembah Yordan dan menjadikannya wilayah teritorial Israel.

Usai rencana itu disampaikan, negara-negara Timur Tengah dan beberapa negara superpower Eropa menyampaikan kekhawatiran mereka terkait rencana tersebut.

Para menlu negara-negara Arab pun telah mengeluarkan kecaman terhadap Israel, mereka menyebut langkah itu hanya akan menghancurkan rencana perdamaian dengan orang-orang Palestina.

Menlu Turki menyebut, OIC akan digelar di Jeddah untuk membahas rencana Netanyahu untuk mencaplok Lembah Yordan dan pendudukan ilegal Israel di West Bank.

Baca: Dunia Arab Protes Janji Netanyahu untuk Rampas Lembah Yordan

Menurut pantauan organisasi HAM, B’Tselem, sekitar 65.000 orang Palestina dan 11.000 pemukim Israel tinggal di Lembah Yordan dan sebelah utara Laut Mati. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*