Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump tidak akan bertemu pangeran Saudi Mohammed bin Salman secara resmi di perhelatan KTT G20 di Argentina pada minggu ini.

“Saya tahu jadwal presiden cukup padat oleh sejumlah sesi di pertemuan G20,” kata wakil pers Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, dalam sebuah konferensi pers pada Selasa (27/11/18).

“Saya pikir tidak ada waktu bagi kami untuk menambahkan [sesi] tambahan. Apakah akan ada interaksi atau tidak [antara Trump dan MbS], saya tidak mengatur itu,” tambahnya.

Penasehat keamanan nasional AS, John Bolton, juga mengatakan bahwa jadwal pertemuan KTT G20 “penuh hingga melimpah”. Namun, meski Trump tidak akan bertemu MbS, ia tetap akan bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Saat ini, pemerintah Trump sedang mendapat banyak tekanan karena mendukung rezim Arab Saudi pasca pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Presiden Trump dianggap tetap mendukung bin Salman yang diduga memerintahkan pembunuhan sang jurnalis di Turki pada bulan lalu.

Dalam perhelatan KTT G20 pada 30 November sampai 1 Desember nanti, Trump juga akan bertemu Presiden Cina Xi Jinping, Presiden Argentina Mauricio Macri, Presiden Korsel Moon Jae-in, dan PM Jepang Shinzō Abe. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*