Mississippi, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump menyampaikan sebuah pidato yang mengejutkan di depan peserta aksi “Make America Great Again” di Southaven, Mississippi, pada Selasa (2/10/18).

Dalam pidatonya itu, Trump mengaku memberikan peringatan kepada Raja Arab Saudi bahwa dia tidak akan bisa mempertahankan kekuasaannya “selama dua minggu” tanpa dukungan dari AS.

“Kami  melindungi Arab Saudi. Mereka menjadi kaya. Dan saya menyukai sang raja, Raja Salman. Tapi saya bilang ‘Raja— kami melindungi Anda— Anda mungkin tak akan bertahan selama dua minggu tanpa kami— Anda harus membayar untuk militer Anda,'” ujar Trump.

Namun, dia tidak memberitahu kapan perkataan itu ia sampaikan kepada Raja Salman.

Beberapa hari yang lalu, Trump meminta Saudi untuk meningkatkan anggaran militer mereka. Hal ini menurut sejumlah pihak memperlihatkan keinginan AS untuk menjual lebih banyak senjata ke negara monarki tersebut.

Dalam sebuah aksi yang sama di West Virginia pada Sabtu (29/9/18) Trump juga menyampaikan hal yang sama kepada para pendukungnya.

“Saya menyukai Arab Saudi. Mereka hebat. Saya berbicara dengan Raja Salman pagi ini. Saya bilang, Yang Mulia, Anda punya uang triliunan dollar. Tanpa kami, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi,” kata Trump.

“Dengan kita, mereka aman sepenuhnya. Tetapi kita tidak mendapat apa yang seharusnya kita dapatkan,” keluhnya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*