Texas, LiputanIslam.com—Seorang ahli patologi wicara Texas dipecat dari pekerjaannya karena menolak menandatangi surat sumpah untuk tidak memboikot Israel.

Bahia Amawi adalah seorang keturunan Palestina yang memiliki kewarganegaraan AS dan lahir di Austria. Dia sebelumnya bekerja sebagai ahli patologi wicara di Texas barat yang menangani pasien autis.

Bahia mengatakan, distrik tempatnya bekerja menolak untuk memperpanjang kontrak kerjanya pada Agustus lalu. Pasalnya, sebelumnya dia menolak menandatangani sebuah surat sumpah bahwa dia “tidak akan” berpartisipasi dalam aksi boikot atau “aksi apapun yang bertujuan untuk mengakibatkan kemunduran ekonomi” bagi negara Israel.

Kepada Democracy Now!, Amawi menjelaskan perjuangannya melawan penindasan ini dan alasan dibalik penolakannya menandatangani surat sumpah:

“Saya mengirim email segera… kepada koordinator [patologi wicara] saya, ‘Dengar, saya tidak bisa menandatangani ini. Ini bertentangan dengan prinsip saya, bertentangan dengan hak konstitusional saya. Dan ini juga bertentangan dengan nilai moral dan etika saya, mengingat saya orang Amerika-Palestina dan saya punya keluarga yang benar-benar tinggal di Wilayah Pendudukan, jadi [surat sumpah] ini akan mempengaruhi saya secara pribadi.‘” jelasnya.

Amawi pun pada minggu ini mengajukan gugatan ke pengadilan federal Texas bahwa pemecatan dirinya oleh distrik merupakan pelanggaran hak First Amendment sebagai warga negara AS. (ra/mintpress)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*