Foto: Tribunnews.com

Foto: Tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com — Puluhan artis yang tergabung dalam Relawan Salam Dua Jari, mengirim surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo. Mereka meminta agar Jokowi memenuhi janji-janjinya semasa kampanye, seperti pemberantasan kasus korupsi. Surat ini merupakan reaksi atas keputusan Jokowi yang mengusulkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri).

Seperti diketahui, DPR telah meloloskan Komjen Budi sebagai Kapolri setelah melakukan fit and proper test, desakan kepada Jokowi untuk segera melantiknya juga mengalir deras. Sedangkan beberapa hari yang lalu, Budi telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atas kasus rekening gendut.

Berikut surat terbuka tersebut, seperti dikutip dari tribunnews.com, 15 Januari 2015;

Yang Terhormat Bapak Presiden,

Perkenankanlah kami, relawan yang selama ini medukung Bapak Presiden untuk sebuah gerakan Revolusi Mental demi Indonesia yang lebih baik, menyampaikan suara hati kami sehubungan dengan disetujuinya pencalonan Komjen (Pol) Budi Gunawansebagai Kepala Polisi Republik Indonesia oleh DPR RI.

Kami merasa gelisah karena pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menafikan penetapan yang bersangkutan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus dugaan korupsi. Karena itu, kami meminta Bapak selaku penerima mandat rakyat agar mencabut/membatalkan pencalonan Komjen (Pol) sebagai Kapolri RI.

Kami sadar, pemilihan Kapolri merupakan hak prerogratif Bapak sebagai Presiden. Namun, kami juga berharap agar sosok Kapolri adalah sosok yang berintegritas dan punya rekam jejak yang baik.

Perlu kami ingatkan bahwa dukungan kami bukan merupakan cek kosong. Kami mendukung dan memilih Bapak, karena kami percaya Bapak akan memenuhi janji dalam hal pemberantasan korupsi dan penegakan hukum di Indonesia yang Bapak sampaikan ketika kampanye.

KPK telah menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka, kami himbau Bapak Presiden menghormati keputusan tersebut sebagai wujud janji bapak saat kampanye bahwa tidak akan memilih pejabat negara yang bermasalah dengan hukum. Jika bapak tidak mencabut pencalonan Kapolri, melalui surat ini, kami sebagai relawan Salam 2 Jari menyatakan akan turun ke jalan dan meminta KPK segera menuntaskan kasus pidana di balik rekening gendut.

Kami percaya bahwa Bapak Jokowi sebagai presiden pilihan kami akan mendengarkan dengan hati dan tidak semata hanya dengan telinga.

Kami gelisah, karena tidak mampu meyakinkan Bapak untuk menarik kembali pencalonan Komjen (Pol) Budi Gunawan. Namun, kami percaya, Bapak masih punya hati untuk mendengarkan suara kami.

Relawan Salam Dua Jari

Abdee Negara – Oppie Andaresta – Nia Dinata – Fifi Hadiyanto – Olga Lydia – Jflow – Catharina Widyasrini – Andre Opa Sumual – Adib Hidayat – Joko Anwar – Shafiq Pontoh – Ulin Yusron – Kadri Jimmo – Happy Salma – Indra Bekti – Salman Aristo – Dira Sugandi – Viddy Supit – Upi – Goenawan Moehammad – Agus Noor – Tompi – Sandyawan Sumardi – Alin Adita – Fadjroel Rachman – Glenn Fredly- Suwandi Ahmad – Ance Dewianti – Tosca Santoso – Yenny Wahid – Michael Jakarimilena – Lawrence Tjandra – Marcello Tahitu – Yacko – Rene Suhardono – Dhani Pete – Andrias Ekoyuwono – Sandra Hamid – Riri Riza – Pandji Pragiwaksono – Dennis Adhiswara – Cinta Justianto – Slamet Rahardjo – Prita Mulyasari. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*