Sumber: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar Baharuddin menegaskan bahwa tidak ada ruang bagi ideologi lain selain Pancasila sebagai dasar negara bagsa Indonesia. Menurutnya, Pancasila sudah bersifat final.

“Tak ada kompromi terhadap kelompok maupun perorangan yang coba-coba menghasut dan menyebarkan ideologi lain selain Pancasila,” tegasnya di Jakarta Selatan pada Kamis (17/10).

Sebagai dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila Pancasila juga sebagai pedoman dan falsafah hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Pancasila adalah final dan mengikat seluruh warga negara yang hidup dalam wilayah hukum NKRI dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ucapnya.

Bahtiar juga menjelaskan, beberapa nilai dalam Pancasila harus dihadirkan dan diimplementasikan dalam interaksi kehidupan masyarakat sehari-hari. Nilai-nilai dan falsafah Pancasila harus tertanam kuat dalam kehidupan setiap warga bangsa Indonesia.

Baca: Ketua FKPT Jateng: Bentuk Negara dan Pancasila Sudah Final

Terlebih bagi aparatur sipil negara (ASN) sudah semestinya berpegang teguh dan menjaga Pancasila. “Mendukung Mendagri, bahwa aparatur yang tak menerima Pancasila wajib diberi sanksi tegas karena yang bersangkutan tak pantas jadi aparatur NKRI yang berdasarkan Pancasila,” tandasnya. (aw/gartra/akurat).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*