Sumber: tribunnews.com

Pekanbaru, LiputanIslam.com– Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian menegaskan siap mencopot Kapolda dan jajaran kebawahnya seperti Kapolres dan Kapolsek jika tidak mampu menyelesaikan persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menurutnya, kebakaran hutan terindikasi dilakukan dengan sengaja. Sebab kebun sawit dan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) tidak ada yang terbakar.

“Artinya, ini ada indikasi kuat terjadinya pembakaran, kesengajaan. Sebagian sudah ditangkap, itu juga membuktikan bahwa peristiwa itu ada,” ucapnya pada keterangan pers di Pekanbaru, Riau pada Senin (16/9) malam.

Kapolri Jenderal Tito juga mengaku telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan penegakan hukum terkait terbakarnya hutan dan lahan. Terutama kepada enam polda yang paling utama, yaitu Polda Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalsel, dan Kalteng.

Baca: Kapolri Himbau Jaga Stabilitas Nasional Jelang Masa Pelantikan Presiden Oktober

Pencopotan akan dilakukan jika ada jajaran polda yang tidak bekerja maksimal “Jadi kalau seandainya di polda itu penilaian kita ada yang tidak terkendali dan tidak ada upaya maksimal, apalagi penangkapan enggak ada, out. Mau Kapolda, mau Kapolres, Kapolsek out,” tegasnya. (aw/setkab/detik).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*