Sumber: industry.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan indeks keyakinan konsumen (IKK) pada April 2019 mengalami peningkatan sebesar 128,1 poin dari 124,5 pada bulan sebelumnya. Jadi, masyarakat Indonesia.

“Optimisme konsumen yang meningkat didorong oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini,” tulis BI dalam laporan surveinya.

Kenaikan IKK menunjukkan optimism konsumen terhadap ekonomi domestik meningkat. Angka IKK di atas 100 mengindikasikan harapan umum, sedangkan nilai indeks di bawah 100 mengindikasikan pesimisme.

Menurut laporan tersebut, subindex pendapatan saat ini, yang didasarkan pada tingkat pendapatan konsumen, naik menjadi 124,8 poin di bulan April dari 121,4 di bulan Maret, menandai kenaikan bulanan kedua berturut-turut.

Selain itu, Indeks untuk pembelian barang tahan lama juga meningkat pada bulan April, naik menjadi 114 poin dari 110,1 pada bulan sebelumnya. Hasilnya, konsumen – terutama mereka yang berpenghasilan lebih dari Rp 2 juta (US $ 140) dan di bawah usia 60 – lebih bersedia untuk membeli barang tahan lama, terutama perangkat elektronik seperti telepon genggam, televisi, dan komputer.

Di samping itu, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IKE) juga meningkat terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha 6 bulan mendatang. Peningkatan IKE juga didukung oleh membaiknya persepsi terhadap penghasilan saat ini dan keyakinan untuk membeli barang tahan lama. (sh/thejakartapost/industry.co.id)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*