Sumber: gorontalo.antaranews.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Peneliti Setara Institute, Noryamin Aini mengatakan bahwa mahasiswa 5 kampus umum yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Indonesia cenderung mendukung isu agama tidak dibawa ke ranah publik dan menginginkan agama berada pada ranah privat. (privatisasi).

“Kelompok pertama ini cenderung mendukung privatisasi agama,” kata Noryamin saat konferensi pers di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, pada Minggu (30/6).

Lima PTN yang mahasiswanya cenderung mendukung privatisasi agama tersebut ialah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sebelumnya, Setara Institute telah melakukan survei model beragama mahasiswa dengan 1.000 responden di 10 PTN, yakni Universitas Indonesia (UI), UIN Syarief Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universitas Mataram.

Baca: Peringatan Dini, Masjid Pemerintah dan Kampus Terpapar Radikalisme

Dari survei itu terdapat mahasiswa di lima PTN lain yang menginginkan agama menjadi ranah publik, yakni UIN Bandung, UIN Jakarta, IPB, Universitas Mataram, dan UGM. (aw/MI).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*