satellit imagery Canberra, LiputanIslam.com — Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan pada Kamis (20/3), bahwa citra satelit telah menangkap dua benda yang diduga serpihan pesawat Malaysia Airlines MH370.

“Sebuah informasi baru dan kredibel telah datang terkait pencarian ini, di sekitar perairan  Samudera Hindia bagian Selatan,” ucap Abbott sesuai laporan Reuters.

Menurut Abbott, otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) telah menerima informasi yang didasarkan pada informasi satelit mengenai benda-benda yang kemungkinan terkait dengan pencarian.

“Lokasi tempat benda-benda ini ditemukan sangat sulit, mungkin juga tidak bisa terjangkau pesawat,” ucapnya.

Abbot mengatakan tim pengintai kini dalam perjalanan menuju tempat serpihan ditemukan. Sebuah pesawat P-3 Orion Australia dijadwalkan tiba dilokasi sekitar pukul 14:00 waktu setempat (03:00 WIB). Tiga pesawat tambahan juga dikirimkan ke lokasi. Abbot sendiri telah memberitahukan hal ini pada Perdana Menteri Najib Razak.

Kamis ini dilaporkan bahwa FBI telah menganalisis data simulator penerbangan dari file di rumah pilot MH370, setelah pemerintah Malaysia meminta bantuan untuk mengembalikan  file yang berisi catatan simulasi dengan menggunakan alat tersebut dimana  menurut Departemen Pertahanan Malaysia telah dihapus sang pilot pada 3 Februari lalu.

Pejabat pemerintah mengkonfirmasi data-data tersebut telah diberikan kepada FBI dan mengutarakan  kepada AP bahwa  investigasi rahasia  kini tengah dilakukan.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, membawa 239 orang dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret sekitar dua minggu yang lalu. Pihak penyelidik Amerika Serikat  mengatakan bahwa  pesawat kemudian diperkirakan mengubah arah melalui komputerisasi Sistem Manajemen Penerbangan kokpit , bukan oleh kontrol manual. Pesawat Boeing 777 itu menghilang secara misterius sekitar satu jam setelah lepas landas .(lb/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL