sby ibu aniJakarta, LiputanIslam.com – Jelang digantikan oleh presiden terpilih Joko Widodo, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan pesan khusus dalam pidatonya. Seperti apa isi pesan SBY?

“Saya punya keyakinan bahwa 2025 sasaran besar bisa kita lakukan. Saya titip kepada Pak Jokowi, presiden mendatang, agar apa yang telah kami capai dalam rangka pembangunan MP3EI tiga tahun ini, bisa dilanjutkan karena masih ada 11 tahun berikutnya lagi,” ujar SBY, Jumat 5 September 2014 seperti dilansir Tribunnews.

MP3EI, atau Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia  adalah sebuah pola induk perencanaan ambisius dari pemerintah Indonesia untuk dapat mempercepat realisasi perluasan pembangunan ekonomi dan pemerataan kemakmuran agar dapat dinikmati secara merata di kalangan masyarakat. Karenanya, SBY berharap agar Jokowi bisa meneruskan program tersebut.

SBY meyakini dengan dukungan penuh masyarakat, Jokowi bisa membawa Indonesia mencapai sasaran yang sudah ditetapkan dalam MP3EI. Salah satu hal yang disoroti Presiden untuk menyukseskan program MP3EI adalah terkait pembangunan infrastruktur perhubungan.

SBY juga mengingatkan bahwa sebentar lagi Indonesia akan menghadapi persaingan global di level kawasan Asia dan Asia Timur. Untuk menghadapi ketatnya persaingan itu, ia meminta agar konektivitas wilayah di Indonesia bisa ditingkatkan.

“Ketika saya menganalisis dan mencoba memahami konsep besar ini, agar Asia terhubung satu sama lain, maka saya berkewajiban memastikan terlebih dulu bahwa negara kita yang tersebar dengan sekian banyak pulau dan provinsi harus terhubungu dulu dengan baik jadi domestic connectivity harus terhubung dengan baik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung, mengatakan proyek MP3EI menunjukkan hasil positif sejak meluncur tiga tahun lalu. Hingga Agustus 2014, ada 383 proyek MP3EI yang sudah mencapai tahap groundbreaking dengan nilai investasi Rp 863,5 triliun. “Indonesia, bisa menjadi negara maju dengan mempercepat pembangunan ekonomi,” ujarnya. (ph)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL