Sumber: nu.or.id

Jambi, LiputanIslam.com– Ribuan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi menyanyikan lagu Ya Lal Wathan ciptaan KH. Abdul Wahab Chasbullah dengan penuh semangat nasionalisme. Lagu dinyanyikan dengan serentak hingga suara menggema dalam ruangan.

Seperti dilansir kemenag.go.id pada Minggu (18/8), Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Hadri Hasan mengatakan, mahasiswa harus memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi kehidupan. Menyanyikan lagu Ya Lal Wathan juga sebagai upaya menanamkan nasionalisme mahasiswa pada bangsa.

“Hakikatnya kita adalah saling melengkapi antar berbagai silang pengetahuan dan budaya. Kita belajar tata krama ala Jawa pada saat yang sama kita belajar berwirausaha ala orang padang dan seterusnya,” ucapnya.

Menurutnya, saling mengenal dan saling melengkapi merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Hadri mengajak seluruh mahasiswa baru agar menjadikan kampus UIN Jambi tidak hanya tempat belajar secara formal, tetapi menjadi pusat moderasi beragama.

Baca: Semangat Nasionalisme Terus Ditanamkan Pada Mahasiswa PTKIN

“Kita perlu waspada karena akhir-akhir ini kita menghadapi kelompok atau paham radikal dan intoleran yang membahayakan bangsa ini,” ujarnya. (aw/kemenag/NU).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*