aleppo-pembebasan

warga Aleppo timur gembira terbebas dari cengkeraman militan

Moskow, LiputanIslam.com—Rusia membantah video yang disebarkan pihak oposisi Suriah dan media mainstream yang berisi laporan mengenai “serangan dan pembunuhan oleh Rusia”. Juru bicara Menteri Luar Negeri Rusia menyebut bahwa video itu palsu dan dibuat oleh para militan.

Video itu disebarkan seiring dengan dibebaskannya Aleppo timur dari cengkeraman milisi bersenjata oleh tentara Suriah bekerja sama dengan tentara Rusia.

Juru bicara Menteri Luar Negeri Rusia, Mayjen Igor Konashenkov,  pada Selasa (13/12) mengatakan, “Semua pernyataan yang disampaikan oleh pejabat tinggi Barat yang mengutip ‘laporan para aktivis’ dan film-film yang disebarkan, yang disebut-sebut sebagai ‘bombardir Rusia, pembunuhan’ diproduksi sendiri oleh para militan.”

“Penting dipertanyakan, mengapa beberapa media menggunakan film-film itu tanpa melakukan pengecekan. Kami memiliki saran untuk mereka, jangan pernah terjebak dalam propaganda para teroris,” tambah Konashenko.

Konashenkov juga menolak klaim media Barat bahwa 250.000 warga sipil terjebak di Aleppo timur dan menghadapi bahaya akibat serangan tentara Suriah kepada para militan.

Operasi tentara Suriah untuk membebaskan Aleppo timur berjalan sukses dan manusiawi dalam segala aspek terkait dengan warga sipil,” kata Konashenkov.

 Menurut Konashenkov,  justru para militan di Aleppo timur telah menggunakan 100.000 orang sebagai perisai manusia, dan mereka semua (warga sipil) telah terbebas dari bahaya.

“Pada kesempatan pertama, mereka [warga sipil] meninggalkan kawasan [yang dikontrol militan] untuk berlindung ke wilayah yang dikontrol pemerintah dan mendapatkan bantuan dan makanan,” ujar Konashenkov. (dw/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL