Moskow, LiputanIslam. Com—Deputi Kemenlu Rusia, Sergei Ryabkov, mengatakan Moskow siap membantu Iran mengatasi persoalan ekspor minyak dan sektor perbankannya jika Eropa gagal meluncurkan INSTEX -sebuah instrumen pembayaran yang telah ditetapkan oleh tiga penandatangan UE untuk JCPOA demi mempertahankan perdagangan dengan Iran.

Baca: Iran Sebut akan Hadapi Semua Ancaman AS dengan Tegas

“Jika sistem pembayaran INSTEX (Instrumen dalam Mendukung Pertukaran Perdagangan) tidak diluncurkan oleh UE, kami akan membantu Iran mengekspor minyaknya dan melakukan transaksi keuangannya,” kata Ryabkov, seperti dikutip Reuters.

INSTEX rencananya akan berbasis di Paris dan dikelola oleh seorang pakar perbankan Jerman. Sementara Inggris akan memimpin dewan pengawasan.

Baca: Rusia, AS Sengaja Picu Ketegangan dengan Iran

Pada 8 Mei 2018, Presiden AS Donald Trump menarik negaranya keluar dari perjanjian nuklir 2015 antara Teheran dan negara kekuatan dunia.

Setelah penarikan AS, Iran dan negara-negara yang tersisa menggelar perundingan untuk menyelamatkan perjanjian itu.

Uni Eropa telah bersumpah untuk melawan sanksi baru Trump terhadap Iran, termasuk melalui undang-undang baru untuk melindungi perusahaan-perusahaan Eropa dari tindakan hukuman, namun pernyataan itu tak pernah direalisasikan. (Fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*