Warsawa,LiputanIslam.com—Rusia telah memutuskan untuk tidak menghadiri konferensi internasional pimpinan AS yang diresmikan kemarin (13/2) di ibukota Warsawa, Polandia.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan di media sosial bahwa pertemuan itu “adalah upaya baru AS untuk mempromosikan kepentingan geopolitik sepihak melalui inisiatif yang disajikan sebagai pendapat masyarakat internasional”.

Al-Sharq Al-Awsat melaporkan, mengutip kantor berita Rusia Interfax, bahwa Rusia juga mengecam upaya AS untuk mempengaruhi pengambilan keputusan di Iran.

Presiden Iran Hassan Rouhani, seperti yang dijelaskan oleh Interfax, mengatakan: “Konspirasi negara-negara besar seperti Amerika tidak akan mempengaruhi kebijakan kita.”

AS, yang percaya bahwa Iran sedang mengembangkan bom nuklir, mengklaim akan mendorong pasukan Iran keluar dari Suriah.

Kepala diplomat Uni Eropa, Federica Mogherini, juga mengatakan dia tidak akan menghadiri konferensi Warsawa, kata Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Lebanon, Gebran Bassil, juga telah mengumumkan dia tidak akan menghadiri konferensi itu.

Sementara itu, para pejabat Palestina telah menjuluki konferensi itu sebagai “konspirasi AS-Israel yang bertujuan untuk menghapus Palestina”.

Alih-alih menghadiri konferensi, Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk menerima Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran, Rouhani di Moskow hari ini, untuk membahas rencana yang berkaitan dengan Suriah dalam menanggapi pengumuman penarikan AS akhir tahun lalu.(fd/memo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*