Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (8/11) melemah ke posisi Rp 14.017 per dolar AS. Rupiah melemah 0,14 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Sedangkan menurut JISDOR, rupiah menguat ke posisi Rp 14.020 per dolar AS. Rupiah menguat 0,14 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Pada pembukaan pasar, rupiah langsung melemah 0,11 persen ke posisi Rp 14.005 per dolar AS dan terus berada di zona merah sepanjang perdagangan. Rupiah bahkan sempat mengalami pelemahan hingga 0,25 persen sebelum akhirnya ditutup dengan pelemahan 0,14 persen.

Pergerakan rupiah dilihat dalam waktu satu pekan ini masih dalam kinerja positif. Dibandingkan perdagangan pekan lalu, rupiah masih menguat sebesar 0,14 persen.

Menurut Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri, sentimen perang dagang AS dan China masih mempengaruhi pergerakan mata uang garuda. Dia menilai, negosiasi antara AS dan China akan membawa angina segar terhadap rupiah.

“Sentimen ini masih menjadi penggerak,” kata dia.

Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng pada Kamis (7/11) mengatakan, AS dan China telah sepakat untuk membatalkan rencana pengenaan bea masuk. Hal ini menjadi sentimen positif terhadap rupiah. (sh/cnbcindonesia/tribunnews)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*