tank asRiga, LiputanIslam.com — Sekitar 400 tank dan kendaraan lapis baja AS tiba di pelabuhan Riga, Senin (9/3). Hal ini menjadi tanda keseriusan AS untuk memperkuat sekutu-sekutunya yang berbatasan dengan Rusia, khususnya di kawasan Laut Baltik, dalam menghadapi ‘ancaman Rusia’.

Seperti dilansir Ukraine Today, langkah tersebut merupakan respon dari aksi-aksi Rusia di Ukraina. Komandan militer AS di kawasan itu, Mayjend John O’Connor mengatakan:

“Perlengkapan-perlengkapan militer dari Divisi Infantri Ketiga dan prajurit-prajurit yang berpartisipasi dalam ‘Atlantic Resolve’ ini menunjukkan komitmen kami terhadap keamanan wilayah ini. Jadi hari ini kami berada di sini untuk bekerjasama, melatih, dan menunjukkan kesiapan kami, dan melalui peringatan singkat, meluncurkan pasukan dan peralatan-peralatan militer untuk mendemonstrasikan daya jangkau, kekuatan dan kapasitas ekspedisionari. Kami bisa mengirimkan kekuatan tempur untuk sekutu-sekutu kami setiap saat, dimanapun dibutuhkan.”

“Pesan kami kepada rakyat Latvia dan sekutu-sekutu kami adalah bahwa pasukan AS di Eropa mampu memberikan dukungan yang cukup yang dibutuhkan melalui udara, laut dan darat,” tambahnya.

Pada bulan Januari lalu, panglima militer AS di Eropa Jendral Philip Breedlove mengatakan NATO akan meningkatkan latihan-latihan perang di kawasan Baltik sebagai respon atas manuver-manuver militer Rusia di kawasan itu dalam setahun terakhir. Demikian Ukraine Today menyebutkan.

NATO juga telah membentuk pasukan khusus gerak cepat berkekuatan 30.000 pasukan yang ditempatkan di Eropa Timur. Selain itu, NATO juga akan membentuk 6 pusat komando baru di negara-negara Eropa timur.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*