Deir Ezzor,LiputanIslam.com— Sejumlah truk yang mengevakuasi warga sipil dari daerah yang dikuasai ISIS di Desa Baghouz telah berhasil meninggalkan daerah tersebut dengan aman. Sementara itu, operasi militer menumpas kelompok teroris masih terus berlanjut.

Al-Jazeera melaporkan pada Rabu (20/2), sekitar 10 truk yang mengangkut pria, wanita, dan anak-anak berhasil keluar dari koridor kemanusiaan yang digunakan beberapa minggu terakhir untuk mengevakuasi orang-orang dari Desa Baghouz, kantong terakhir ISIS di sepanjang Sungai Eufrat, Suriah Timur.

Warga yang dievakuasi terdiri dari keluarga para teroris ISIS dan warga sipil lainnya yang tinggal di Desa Baghouz. Sebagian ditampung di Kamp Al-Hol dalam keadaan yang sangat memprihatinkan.

Saat operasi militer dilakukan, sekitar 300 militan ISIS dan kurang dari 2.000 warga sipil telah terperangkap di desa itu.

Kepala hak asasi manusia PBB pada hari Selasa menuduh kelompok bersenjata itu kemungkinan melakukan kejahatan perang. Ia mencatat sekitar 200 keluarga menerima serangan udara dan darat yang intensif oleh pasukan koalisi pimpinan AS. Ia menuding, kelompok teroris sengaja menjadikan warga sipil sebagai tameng. (fd/Al-jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*