ctJakarta, LiputanIslam.com — Seperti sudah diperkirakan banyak orang, akhirnya pengusaha Chairul Tanjung ditunjuk sebagai Menko Perekonomian oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden dalam konperensi pers yang digelar di Kantor Presiden, Jumat (16/5).

Chairul yang biasa disapa CT ini menggantikan Hatta Rajasa yang mengundurkan diri karena menjadi Cawapres dari Capres Prabowo Subianto.

“Saya angkat Pak Chairul Tanjung jadi Menko Perekonomian. Beliau mempunyai kecakapan, kemampuan, dan komitmen untuk mendorong pembangunan di Tanah Air. Dalam dua tahun ini, Pak Chairul Tanjung bukan orang lain dalam kabinet. Kapasitasnya selama ini menjadi Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN),” kata Presiden SBY dalam konferensi persnya.

Presiden mengatakan keputusannya untuk menunjuk Chairul Tanjung setelah adanya permintaan pengunduran diri Hatta Rajasa, yang akan maju bersama Prabowo Subianto sebagai pasangan Capres-Cawapres dalam pemilu 9 Juli mendatang.

Menurut SBY, bos media Trans Corps itu telah banyak memberikan kontribusi dan kerap memberikan pandangan-pandangan untuk mengatasi ekonomi. Chairul, kata Presiden, juga ikut dalam menyusun Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI).

“KEN tidak hanya diisi orang akademik, tapi di sana banyak praktisi. Saya lihat Pak Chairul bisa memadukan keduanya meskipun beliau bukan “policy maker”,” ujar SBY.

Presiden menyebutkan sudah mengajak Chairul Tanjung untuk masuk kursi kabinet sejak 2004 lalu. Namun kerap ditolak dengan alasan ingin berfokus di dunia usaha. “Pak Chairul tahu saya butuh bantuan karena tantangan ekonomi global. Kali ini beliau mau dan dengan sisa waktu enam bulan ini saya meminta agar segera bekerja, tidak perlu orientasi, dan saya kira memang tidak perlu,” Kata SBY.

Chairul Tanjung mengaku akan segera bekerja setelah pelantikan yang akan digelar hari Senin depan (18/5). Dia mengaku segera menggelar rapat dengan para menteri ekonomi.

“Buat saya ini amanah. Dengan mengucapkan bismillah, saya akan emban jabatan ini mulai Senin depan,” katanya.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL