Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) di Istana Merdeka Jakarta, pada Sabtu (17/8). Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Bali, sementara Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan pakaian adat Batak. Tampak mendampingi juga Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istri yang mengunakan pakai khas Aceh.

Sebelum upacara, kepada para awak media, Presiden menyampaikan pesan agar segenap masyarakat Indonesia menjadikan HUT ke-74 RI ini sebagai momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Ia mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Keutuhan NKRI adalah segala-galanya. Jangan sampai dikorbankan yang namanya keutuhan NKRI karena pilihan bupati, pilihan gubernur, pemilihan presiden,” ucapnya.

Menurutnya, selepas pesta demokrasi Pilkada dan Pilpres 2019, sekarang ini saatnya kita rukun dan damai kembali. Merajut persatuan dan persaudaraan sesama bangsa. “Keutuhan NKRI harus ditempatkan di tempat yang paling penting,” tegasnya.

Baca: Festival Gapura Cinta Negeri Perkuat Persatuan Bangsa

Pada kesempatan itu, Presiden juga menegaskan bahwa pemerintahannya lima tahun kedepan akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. SDM yang berkarakter dan unggul. “Begitu lahir dan juga memperhatikan berkaitan dengan gizi dan nutrisi tapi yang paling penting sejak awal harus dibangun, namanya karakter,” tandasnya. (aw/liputan6/tempo).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*