LiputanIslam.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama wakilnya KH Ma’aruf Amin dalam pemerintahan mendatang (2019-2024) akan mendapatkan kendaraan dinas kepresidenan yang baru. Sebelumnya, pihak Istana dihadapkan pada dua pilihan mobil kepresidenan yakni Mercedes-Benz atau BMW. Namun akhirnya pilihan jatuh kepada Mercedes-Benz S600 Guard.

“Sesuai hasil pengadaan dan penawaran, Kemensetneg memutuskan untuk menyediakan 2 unit mobil Mercedes-Benz sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan,” ujar Asisten Deputi Humas Kemensetneg Eddy Cahyono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/8).

Mobil dinas baru tersebut mempunyai lapisan perlindungan yang sangat tinggi. Mobil ini kabarnya membawa sertifikat VR10, sebuah sertifikasi tertinggi untuk perlindungan kendaraan non-militer. sertifikat VR10 mampu melindungi penumpangnya dari serangan senapan mesin dan senjata serbu bertenaga tinggi lainnya.

Baca juga: PSI: Pengadaan Pin Emas Anggota Dewan Hanya Buang Anggaran

Karena ada pro dan kontra di kalangan masyarakat mengenai pembelian mobil baru tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan tidak perlu mempersoalkannya selama melalui prosedur dan mekanisme yang berlaku.

“Yang penting semua prosedur sudah dilalui sesuai mekanisme yang ada, baik tender secara terbuka maupun penganggaran terbuka disetujui DPR,” kata Tjahjo dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Sabtu (24/8).

Tjahjo menambahkan bahwa mobil dinas lama sudah beroperasi sepuluh tahun dan sudah sering mengalami kerusakan mulai dari mogok, kaca susah dibuka, dan perangkat komunikasi tiba-tiba menyala. Sehingga membutuhkan kendaraan baru. (Ay/Antara/Jawapos)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*