Sumber: Memo

Washington,LiputanIslam.com—Menlu AS, Mike Pompeo, menegaskan pada Minggu kemarin (16/6), bahwa Amerika tetap menginginkan upaya diplomatik untuk menyelesaikan persoalan yang kini tengah berlangsung antara AS-Iran.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News Sunday, Pompeo mengatakan, “Presiden Trump telah melakukan semua yang dia bisa untuk menghindari perang. Kami tidak ingin perang. ”

“Amerika Serikat akan memastikan bahwa kami akan mengambil semua tindakan yang diperlukan,” kata Pompeo.

Baca: Iran Sebut AS Sebagai Aktor Dibalik Serangan Tanker Minyak

Ketegangan AS-Iran semakin menguat pasca dijatuhkannya tuduhan oleh administrasi Presiden AS Donald Trump bahwa Teheran telah melakukan serangan Kamis lalu pada dua kapal tanker minyak di Teluk Oman. Sebuah tuduhan yang telah dibantah oleh Iran.

“Komunitas intelijen memiliki banyak data, banyak bukti. Dunia akan datang untuk melihatnya, ”kata Pompeo, yang memimpin Badan Intelijen Pusat sebelum menjadi menteri luar negeri.

Pompeo mengatakan dia tidak ingin membahas langkah-langkah selanjutnya yang mungkin diambil Amerika Serikat sebagai tanggapan atas insiden pekan lalu.

“Iran tidak akan mendapatkan senjata nuklir. Itulah tujuannya, “katanya ketika ditanya tentang kemungkinan Trump mengirim lebih banyak pasukan Amerika dan perangkat keras militer ke wilayah tersebut.

Pompeo mengaku dirinya telah menghubungi rekan-rekan AS di seluruh dunia dan meminta mereka menanggapi ancaman ini secara serius. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*