PM Pakistan, Imran Khan, saat sedang berpidato di tengah orang-orang Kashmir di wilayah Kashmir-Pakistan.

Kashmir,LiputanIslam.com—PM Pakistan, Imran Khan, memutuskan untuk mengunjungi wilayah Kashmir yang berada di dalam bagian negara Pakistan pada hari kemerdekaan. Ia mengaku, kunjungan ini adalah bukti dukungan dari Pakistan untuk orang-orang Kashmir yang sedang berjuang di tengah meningkatnya ketegangan yang terjadi di wilayah Kashmir lainnya di India.

Kunjungan yang berlangsung pada Rabu (14/8) itu terjadi pasca dicabutnya status khusus wilayah Kashmir oleh pemerintah India.

Hampir sepekan lalu pemerintah India mencabut status khusus kawasan Kashmir yang berada di bawah adminstrasi pemerintah India. Oleh Pakistan, langkah ini dianggap hanya akan memperburuk situasi di Kashmir.

Atas dasar itu, pemerintah Pakistan mencoba untuk melawan secara diplomatik dengan cara meminta DK PBB untuk menggelar rapat darurat guna membahas tindakan India yang dianggapnya ilegal.

“Hari kemerdekaan adalah hari kebahagiaan. Tetapi hari ini kita dibuat sedih oleh kondisi saudara Khasmir kita di negara bagian Jammu dan Kashmir yang menjadi korban penindasan pemerintah India,” ucap Khan.

“Saya ingin meyakinkan saudara-saudara Kashmir saya, bahwa kita ada di sisi mereka,” tambahnya.

Baca: Simpang Siur Informasi tentang Kashmir Akibat Blokade Internet dan Informasi

Wilayah Kashmir terbagi menjadi dua. Setengah berada di bawah pemerintahan Pakistan dan setengah ladi di bawah pemerintah India. Di dalam catatan pemerintah India, Kashmir masuk ke dalam wilayah negara bagian Jammu dan Kashmir.  (fd/Al-Jazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*