Aleppo airportSebuah pesawat sipil pertama mendarat di Bandara Internasional Aleppo, Rabu (22/1). Ini merupakan pendaratan pertama pesawat terbang sipil setelah bandara tersebut berhasil dibebaskan oleh militer Suriah dari pendudukan pemberontak yang berlangsung selama setahun lebih.

“Pesawat pertama mendapat di Bandar Internasional Aleppo setelah militer Suriah mengamankan wilayah sekelilingnya,” tulis kantor berita resmi Suriah SANA dalam laporannya kemarin. Sejumlah perbaikan juga telah dilakukan sebelum pesawat tersebut mendarat.

Bandara Aleppo ditutup sejak bulan Januari 2013 setelah pemberontak melancarkan serangan besar-besaran terhadap kota  terbesar di Suriah tersebut sehingga membahayakan penerbangan pesawat-pesawat sipil. Pada tgl 13 Januari lalu militer Suriah melancarkan operasi pembersihan di sekitar Aleppo dan berhasil mengamankan wilayah sekitar bandara.

Pemberontak Hancurkan Masjid

Sementara itu, bertolak belakang dengan pemerintah yang terus melakukan perbaikan sarana-sarana publik seperti bandara di Aleppo tersebut di atas, para pemberontak meneruskan aksi-aksi destruktifnya, termasuk sarana-sarana ibadah. Meski Islam dengan tegas melarang pengrusakan terhadap sarana ibadah umat-umat beragama di dunia, para pemberontak justru gemar melakukan tindakan itu dengan mengatasnamakan Islam. Kali ini yang menjadi korban adalah masjid-masjid dan gereja di kota Raqaa termasuk masjid bersejarah Al-Mansoureh. Demikian laporan media Al-Alalam, Rabu (22/1).

Ini adalah bukan penghancuran masjid dan tempat ibadah yang pertama. Paham wahabi yang banyak diikuti oleh para pembeberontak memang mengkhalalkan penghancuran tempat-tempat ibadah yang dianggap mereka mengajarkan ajaran sesat. Padahal Islam, berdasarkan kitab Al Qur’an melarang keras pengrusakan tempat-tempat ibadah, meski itu adalah tempat beribadahnya orang-orang yang dianggap sesat. Hal ini tidak lain adalah demi menghindarkan tindakan-tindakan balasan yang saling menghancurkan.(CA/almanar/al-akhbar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL