Sumber: Liputan6

Jakarta, LiputanIslam.com — Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sudah menetapkan jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, pada hari Minggu (20/10) pukul 14.30 WIB hingga pukul 15.48 WIB.

Segala persiapan pun telah dilakukan, mulai dengan menghias Gedung MPR/DPR/DPD RI, gladi bersih, kepastian tamu undangan yang hadir, hingga kesiapan perketat keamanan agar acara berjalan lancar.

Gedung MPR/DPR/DPD RI tampil bersolek dengan berbagai hiasan dan ornamen, baik di dalam maupun luar gedung.

Suasana alam dengan berbagai bunga dan dedaunan dipilih sebagai penghias, mulai dari eskalator hingga depan Ruang Paripurna, tempat pelantikan presiden dan wapres. Selain itu, suasana merah putih juga terlihat di berbagai sudut gedung tempat pelantikan presiden dan wapres.

Lantai sudah dipasangi karpet warna merah, sedangkan sayap kiri dan sayap kanan lantai dasar dipasangi detektor logam untuk para tamu dan anggota MPR RI yang akan menghadiri pelantikan Jokowi-JK.

Baca juga: Berikut Susunan Acara Pelantikan Presiden-Wapres Indonesia Terpilih

Sementara terkait dengan kemanan, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol. Asep Adi Saputra mengatakan bahwa Polri siap melaksanakan pengamanan prosesi pelantikan presiden/wakil presiden.

“Persiapan-persiapan sudah dilakukan sampai hari ini, pasukannya, baik dari TNI maupun Polri, sudah menempatkan pola yang sudah diatur,” kata Kombes Pol. Asep.

Terdapat 30.000 personel TNI/Polri yang dilibatkan dalam pengamanan dalam pelantikan itu.

Pola pengamanan terdiri atas Operasi Waskita di Ring I yang merupakan tanggung jawab Paspampres, pengamanan TNI di Ring II, dan pengamanan Polri di Ring III. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*