Jokowi saat kampanye di Papua

Jokowi saat kampanye di Papua

Jakarta, LiputanIslam.com — Presiden Joko Widodo menghadiri malam perayaan puncak Natal di Stadion Mandala Jayapura, dan di depan ribuan rakyat yang hadir, ia menyatakan harapannya agar Natal membawa kedamaian dan sukacita bagi rakyat Indonesia. Jokowi juga berjanji, selama masa kepemimpinannya, ia akan selalu memperhatikan Papua dan akan melakukan kunjungan secara intens untuk memantau pembangunan di kawasan tersebut.

“Saya mengucapkan selamat Natal, salam hormat dan bahagia kepada seluruh umat Kristiani. Semoga Natal dapat memberikan kebahagiaan bagi saudara-saudara semuanya,” ujar Jokowi. (Baca: Jokowi Didesak Tuntaskan Kasus Penembakan Warga Papua)

“Paling tidak dalam satu tahun akan ada 3 kali kunjungan saya ke Papua. Tolong ingatkan saya juga jika saya baru 1 atau 2 kali ke Papua dalam 1 tahun, paling tidak harus ada 3 kali kunjungan,” tambah dia.

Dari laporan detik.com, Jokowi juga menyampaikan rasa penyesalan dan dukacita atas insiden berdarah di Painai. Ia berharap agar kekerasan itu merupakan yang terakhir kalinya terjadi di Papua. Ia menyebutkan, problem di Papua bukan hanya masalah ekonomi, politik atau hal lainnya, namun tidak adanya kepercayaan rakyat kepada pemimpinnya. Sebab saat ini rakyat akan mempercayai pemimpin yang dapat menyelesaikan masalah. Dengan kompleksnya permasalahan yang ada di Papua, menurut Jokowi, seharusnya dialog tetap dikedepankan.

“Jika ada masalah, seharusnya pemimpin hadir di tengah-tengah masyarakat. Misalnya saja saya pernah kunjungi pulau Tohor di Sumatera. Masyarakat yang ada di sana menyampaikan kepada saya bahwa seumur hidup mereka tinggal di pulau itu, belum ada Presiden yang datang mengunjungi penduduk di sana. Dengan kunjungan saya, masyarakat baru merasa memiliki Presiden,” ujarnya.

“Kita semua ingin akhiri konflik. Mari kita bersatu, yang di dalam hutan, yang diatas gunung, membangun Papua yang damai,” ajaknya.

Dari laporan liputan6.com, Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano mengatakan, warga Jayapura siap mendukung program yang diterapkan oleh pemerintah pusat. Pihaknya juga meminta perhatian lebih dari Jokowi untuk masalah pembangunan Jembatan Holtekamp, pembangunan pasar tradisional dan siap membangun hubungan yang baik dengan negara yang berbatasan langsung, yakni Papua Nugini. (Baca juga: Jalur Kereta Api di Papua, Dimulai Tahun 2015)

Sedangkan Ketua Barisan Relawan Jokowi for Presiden, Yakoba Lokebe mengharapkan ada perhatian pemerintah secara khusus untuk pembangunan keterisolasisan di Papua. Misalnya pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL