Washington, LiputanIslam.com–Pentagon memberikan hadiah uang hampir 1 miliar dolar bagi perusahaan militer Lockheed Martin Corp atas pemasangan sistem rudal THAAD Amerika di Arab Saudi.

Departemen Pertahanan AS mengumumkan hal ini pada hari Senin (4/3) kemarin. Hadiah uang sebanyak $946 juta ini merupakan pembayaran pertama bagi Lockheed Martin atas pemasangan sistem THAAD sejumlah $15 miliar. Sistem militer ini merupakan bagian dari perjanjian paket senjata $110 miliar yang ditandatangani Washington dengan Riyadh pada tahun 2017 lalu.

Pada November 2018, pihak Riyadh menandatangani surat penawaran dan penerimaan dengan Washington, yang membuka jalan bagi transaksi besar-besaran atas 44 peluncur, rudal, dan peralatan lainnya di dalam sistem THAAD.

Departemen Pertahanan menjelaskan lebih lanjut bahwa Lockheed Martin akan menyalurkan “item jangka panjang” dari sistem rudal THAAD kepada Saudi. Item yang dimaksud adalah di antaranya pengembangan rekayasa awal, peralatan uji, personil kunci, dan pengembangan pelatihan militer.

Selain Saudi, AS juga telah memasok sistem rudal THAAD yang sama ke Israel, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Korea Selatan.

Penjualan senjata AS ke Saudi menerima banyak kecaman karena Saudi telah melakukan agresi militer yang mematikan terhadap Yaman sejak 2015.

Menurut laporan terbaru dari organisasi penelitian konflik nirlaba, Proyek Lokasi dan Data Konflik Bersenjata (ACLED), agresi yang dipimpin Saudi sejauh ini telah merenggut nyawa sekitar 56.000 warga Yaman. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*