Sumber: independensi.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Pengamat pertanian dari Perhimpunan Ekonomi Pertanian (Perhepi) Pekanbaru, Riau, Ujang Paman Ismail, menilai, ekspor pertanian Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Kondisi pertanian Indonesia semakin mengalami peningkatan sejak lima tahun terakhir. Hal ini terlihat dari meningkatnya ekspor produk pertanian Indonesia ke berbagai negara.

Selain itu, Indonesia berhasil mengekspor jenis komoditas pertanian baru hampir setiap tahunnya. Menurut Ujang, hal ini menjadi salah satu indikator pertanian Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Baca: Ekspor Pertanian Indonesia ke China Meningkat Tajam

“Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mampu mengubah produk komoditas di setiap daerah bernilai ekspor. Itu salah satu indikator bahwa pertanian kita terbaik di dunia sebab bisa menggali potensi di daerah,” kata dia, Sabtu (21/9).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah volume ekspor produk pertanian Indonesia pada tahun 2013 sebesar 33,5 juta ton, kemudian naik dua kali  pada 2016 sebesar 36,1 juta ton dan 40,4 juta ton.

Volume ekspor pertanian tersebut terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Pada 2017 ekspor produk pertanian meningkat sebesar 41,3 juta ton dan sebesar 42,5 juta ton pada 2018.

Dia menilai, pertanian di Indonesia tidak hanya sekedar pengoptimalan jumlah produksi komoditasnya, namun juga memperhatikan sisi kualitasnya sehingga memberikan dampak pada kesejahteraan petani.

“Semua dioptimalisasi dari pertanian. Tidak cuma meningkatkan angka produksi saja, tapi daerah juga didorong supaya menampilkan komoditas unggulannya ke dunia. Di situ petani akan sejahtera,” tuturnya. (sh/liputan6/republika)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*