Sumber: ayobandung.com

Bandung, LiputanIslam.com– Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus berupaya mengenalkan budaya dan kearifan lokal kepada masyarakat, khususnya kalangan milenial (anak muda). Salah satu upaya itu ialah melalui opera legenda kolosal Ciung Wanara yang berlangsung di Taman Budaya Jawa Barat (TBJB), Kota Bandung, seperti dilansir ayobandung.com, pada Minggu (4/8).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Bambang Arayana Sambas mengatakan bahwa kegiatan opera tersebut melibatkan 82 anak muda yang terdiri dari yang masih SD hingga mahasiswa. Menurutnya, pelibatan langsung anak-anak muda ini bertujuan menanamkan kecintaan mereka terhadap budayanya sendiri.

“Satu sisi (seni) pertunjukan jadi agenda pariwisata, tapi di sisi lain menjadi sarana edukasi untuk kaum milenial. Karena kita melibatkan mereka secara langsung baik sebagai pementas, tapi juga penonton,” ucapnya.

Bambang juga menambahkan bahwa pegelaran dan pelestarian budaya sangat penting bagi kemajuan pariwisata Jabar. Sejak lama, Jabar memiliki budaya dan berbagai tradisi yang unik dan melegenda. Seperti tarian Jaipong dan Wayang Golek yang sudah mendunia.

Baca: Sejumlah Gelaran Seni dan Budaya Tersaji di Car Free Day

“Harapannya tentu generasi muda ini bisa bangga dengan kebudayaannya sendiri. Tentu harapannya juga ke depannya ikut mengenalkannya daerah lain bahkan negara lain,” ungkapnya. (aw/ayobandung/kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*