croatia-erases-debt-poorest.siZagreb, LiputanIslam.com — Pemerintah Kroasia berencana akan menghapuskan hutang 60.000 warga miskin negara itu. Jumlah itu hanya kurang dari 1% total hutang di negara itu, namun diharapkan mampu mendongkrak perekonomian negara itu dalam jangka panjang.

Rencana itu telah disetujui pemerintah pada tanggal 15 Januari lalu, namun baru akan efektif berlaku pada hari Senin (2/2). Mereka yang berhak mendapatkan fasilitas itu adalah yang tidak lagi memiliki tabungan dan properti, tidak memiliki hutang di atas $5.100 dan hidup dengan pendapatan kurang dari $138 per-bulan.

“Kami perkirakan langkah ini akan dapat diterapkan bagi sekitar 60.000 warga,” kata Deputi Perdana Menteri Milanka Opacic, seperti dilaporkan Russia Today, Minggu (1/2).

“Sehingga mereka mendapatkan kesempatan lagi tanpa harus menanggung hutang,” tambahnya.

Secara keseluruhan, diperkirakan $31 juta hutang masyarakat akan dihapuskan dengan skema itu. Sejumlah kreditor telah menyatakan persetujuannya untuk mengikuti langkah ini, mereka meliputi beberapa bank, perusahaan telekomunikasi, beberapa pemerintah daerah, dan otoritas perpajakan.

Dengan skema ini sekitar 20% dari 317.000 warga Kroasia dari 4,4 juta penduduk, mendapatkan kembali akses ke perbankan setelah rekeningnya dibekukan sejak bulan Juli 2014 lalu karena kredit macet.

“Ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah Kroasia selama ini untuk mengatasi masalah ini, dan kami bangga karenanya,” kata PM Zoran Milanovic dalam sebuah pertemuan kabinet.

Selain penghapusan hutang itu, pemerintahan Milanovic juga telah merancang beberapa kebijakan lain untuk mengakhiri krisis ekonomi yang telah melanda negara ini selama 6 tahun. Langkah ini meniru pemerintah Bulgaria yang telah berhasil.

Hungaria juga berhasil mengatasi kriris keuangan negaranya yang diakibatkan oleh pergolakan pasar uang internasional dengan melakukan intervensi. Polandia dan Rumania juga tengah mempertimbangkan langkah serupa, demikian Russia Today menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL