Sumber: kumparan.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Direktur Ekspor Hasil Pertanian dan Kehutanan Kementerian Perdagangan (Kemendag) Sulistyawati mengatakan, Indonesia berencana akan menjajaki ekspor produk olahan ayam ke negara-negara di Timur Tengah.

Sulistywati menyebutkan, pemerintah bersama para pelaku usaha telah melakukan sejumlah misi dagang ke negara-negara di Timur Tengah. Saat ini, pihaknya sedang mencoba untuk menjajaki ekspor produk tersebut ke Arab Saudi.

Baca: Kementan Ekspor Produk Peternakan Ke Jepang dan Timor Leste

“Kita masih mencoba ke Jeddah, masih dalam penjajakan. Mereka (eksportir) juga sedang negosiasi (harga) yang penting potensinya.

Dia menjelaskan, masyarakat timur tengah memiliki kesamaan dengan masyarakat Indonesia terkait produk ayam. Oleh karena itu, pangsa pasar ekspor produk ini terbuka karena banyak yang berminat. Dalam hal ini, Jeddah akan menjadi hub bagi produk ayam Indonesia.

“Calon-calon pembelinya baru datang. Jeddah bisa menjadi hub dan sertifikasi halal yang lagi dibicarakan,” ucapnya.

Dia menuturkan, salah satu perusahaan yang berminat untuk melakukan ekspor produk olahan Indonesia adalah PT Charoen Phokpand Indonesia.

PT Charoen Phokpand Indonesia telah melakukan ekspor produk olahan ayam Indonesia ke luar negeri sejak 2017. Menurut Charoen, masuknya produk ayam Indonesia ke luar negeri menunjukkan produk Indonesia mampu bersaing di pasar global.

Saat ini, perusahan tersebut tengah memperluas pasar ke sejumlah negara lain, seperti Singapura, Arab Saudi dan negara-negara lain di Timur Tengah. (sh/tempo/republika)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*