agung-laksonoJakarta, LiputanIslam.com — Menko Kesra Agung Laksono mengatakan pemerintah saat ini terus berkomunikasi dengan pemerintah Palestina dan menyiapkan bantuan dana sebesar $1 juta. Selain itu Menko Kesra juga menghimbau masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada rakyat Palestina untuk mewujudkannya dalam bentuk bantuan tunai.

“Kerena situasi dan kondisinya berat, Menlu sendiri akan berkomunikasi langsung dengan pemerintah Palestina. Disarankan kalau ada bantuan dari masyarakat, tentu paling baik dalam bentuk uang tunai,” kata Agung usai sidang kabinet di Jakarta, Jumat (11/7) sebagaimana dilaporkan Antara.

Agung mengatakan, pemerintah Indonesia akan membantu memfasilitasi bila ada rakyat Indonesia yang berinisiatif membantu.

“Yang terbaik sekarang adalah bantu uang tunai, lebih mudah disalurkan, bisa kirim ke Dubes dan disalurkan ke pemerintah Hamas atau Fatah. Pemerintah Indonesia membantu uang tunai $1 juta,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengecam serangan Israel ke Gaza, Palestina, dan menjadikannya sebagai salah satu agenda dalam rapat kabinet paripurna yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat.

“Indonesia di samping mengecam aksi militer Israel yang berlebihan juga aktif menjalankan diplomasi baik di tingkat PBB, OKI maupun Gerakan Non-Blok,” kata Presiden.

Presiden menyatakan, empat hal dasar posisi Indonesia dalam berdiplomasi memberikan solusi penghentian aksi-aksi kekerasan.

Pertama, aksi militer Israel harus dihentikan. Kedua, mengadakan gencatan senjata dengan pengawasan oleh PBB. Ketiga, mencegah aksi saling balas antar-kedua pihak. Keempat, segera diadakan bantuan kemanusiaan untuk korban-korban di Palestina terutama untuk perempuan dan anak-anak.

Untuk itu, Presiden Yudhoyono dalam kesempatan itu meminta Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa memberikan informasi terperinci terkait hal tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL