LiputanIslam.com-Pekan ASI se-Dunia Tahun 2019, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg tekankan pentingnya asi ekslusif bagi bayi dan anak-anak.

“Dalam situasi apa pun, bayi dan anak harus mendapat ASI eksklusif, harus mendapat gizi yang benar-benar baik dan berkualitas,” ucap KH Zainal Abidin, di Palu, Selasa (20/8).

Rektor Pertama sekaligus Guru Besar Pemikiran Islam Modern di IAIN Palu itu menyebut, dalam Islam bayi-anak berhak mendapat ASI selama dua tahun.

Pernyataan itu sejalan dengan Firman Allah dalam dalam Surah Al Baqarah Ayat 233 yang artinya “Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut”.

Baca juga: MUI Minta Klarifikasi Video dari UAS

Karena itu, ia menghimbaunya, agar masyarakat utamanya umat Islam lebih mengutamakan memberikan ASI eksklusif kepada bayi dan anak, ketimbang memberikan susu formula.

Selain MUI, Dokter spesialis anak dari RSUP Fatmawati pun memaparkan pentingnya pemberian ASI kepada bayi untuk pencegahan bayi kerdil atau stunting melalui pemberian ASI eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga 24 bulan.

Dr Purnama Fitri, Sp.A(K) mengatakan kandungan nutrisi dalam ASI lebih baik dari susu formula dan bahkan ada zat hidup yang tidak bisa ditiru oleh produk buatan.

“ASI juga menekan angka stunting yang masih cukup tinggi di Indonesia. Semahal apapun harga susu dan bagaimanapun kampanye soal susu formula, ASI jauh lebih baik dari segi apapun,” kata Purnama.

Dokter spesialis anak dari Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, menyebutkan di dalam ASI terdapat kandungan imunoglobin seperti laktoferin, bifiobacterium, dan oligosakarida. Zat-zat tersebut merupakan zat hidup yang terkandung dalam ASI yang sangat bermanfaat bagi bayi namun tidak bisa ditiru oleh manusia. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*