LiputanIslam.com—Sidang Majlis Umum PBB, setelah melakukan pemilihan, akhirnya memutuskan Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah kedaulatan Suriah. Resolusi yang didukung oleh suara mayoritas anggota sidang, yaitu 159 setuju, 7 menolak, dan 13 absen, telah membawa kejelasan hukum bagi dataran tinggi yang selama ini diduduki dan diakuisisi oleh Israel itu.

Setelah resolusi ini ditetapkan, maka rakyat Suriah berhak atas Dataran Tinggi Golan, lengkap dengan SDA yang termuat di dalamnya seperti air, tanah, dan energi. Resolusi ini sekaligus menjadi tanda untuk Israel agar berhenti melakukan eksplotasi dan merusak daerah tersebut.

Sidang PBB tersebut telah meminta Sekjen PBB, Antonia Guterres untuk memantau proses implementasi resolusi tersebut dalam tataran praktis, guna menghindari terjadinya pelanggaran aturan internasional yang disepakati bersama.

Atas dasar itu, Utusan Suriah untuk PBB pun meminta Guterres untuk menghentikan dan bahkan mengecam aktivitas militer Israel di Dataran Tinggi itu. Delegasi Suriah itu menggarisbawahi praktik pemilihan perwakilan daerah Israel di sana oleh otoritas Israel. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*